Selasa, 08 Januari 2013

Kondisi Mata Terbuka Saat Tidur (Nocturnal Lagophtalmus)

Pernah mendengar atau melihat kebiasaan tidur seseorang dengan Kondisi Mata Terbuka Saat Tidur (Nocturnal Lagophtalmus) atau anda sendiri mengalaminya? belum lama ini saya rifqi.net ternyata mengalami Kondisi Mata Terbuka Saat Tidur atau istilah medisnya Nocturnal Lagophtalmus (nocturnal = malam) dan (lagophtalmos = mata tidak dapat menutup sempurna) walaupun hanya sekitar 10% dari kondisi mata terbuka normal.

Dan ternyata kondisi ini pula biasa terjadi pada balita, karena terkadang ada balita yang bisa tertidur nyenyak bisa matanya terbuka yang seolah-olah tidak sedang tertidur, pada balita kondisi ini biasa terjadi hingga usia 12 - 18 bulan, jadi mommie gak usah khawatir ini masih di kategorikan normal oleh para ahli.

Namun bagaimana jika ini terjadi pada usia dewasa? jika kondisi ini terjadi pada usia dewasa tidak lagi di kategorikan kondisi normal, jelas kondisi ini terjadi karena ada kelainan lemahnya syaraf pada kelopak mata sehingga kelopak mata saat kita tidur tidak menutup dengan sempurna.

Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata, yaitu kekeringan pada selaput kornea mata karena lebih lama terbuka dan bersentuhan dengan udara bebas dan suhu tempat anda tidur, menurut para ahli mata kondisi seperti ini dapat meningkatkan resiko infeksi pada kornea seperti keratitis (radang selaput kornea) dan yang lebih buruk tukak / ulkus dan terbentuknya lubang pada kornea.

"Dan menurut saya kondisi yang saya alami ini terjadi karena keseringan begadang yang mengakibatkan syaraf otot mata melemah di karenakan sering di paksa untuk bekerja pada waktu dimana syaraf mata butuh istirahat, sama seperti kita butuh istirahat untun melanjutkan kerja yang lebih baik dan kesegaran, kesehatan tubuh terpelihara. dan memang ini terjadi setelah saya sering begadang hingga masuk waktu subuh" walaupun belum ada penjelasan medias yang saya dapatkan tapi itulah pendapat saya tentang Kondisi Mata Terbuka Saat Tidur (Nocturnal Lagophtalmus) yang saya alami sendiri

Lalu bagaimana mengatasinya ??? Beberapa ahli mata menyebutkan tindakan operasi / pembedahan terkadang diperlukan untuk memperbaiki kelopak mata yang tidak dapat menutup sempurna. Selain itu penggunaan tetes mata juga diperlukan sebagai pelumas mata untuk mencegah kekeringan pada kornea mata. Selanjutnya bagi anda yang melihat saudara, teman atau kerabat yang tertidur dalam keadaan mata terbuka disarankan untuk menutupkan kelopak matanya.

Karena mata itu cahaya dunia jadi kita wajib menjaga dengan sebaik-baiknya. Semoga sedikit tulisan saya berikut dapat memberikan informasi mengenai kesehatan mata anda. Sehingga tidak lagi menyepelekan hal-hal yang tampak ringan tapi sebenarnya dapat membahayakan anda. 

Referensi : http://halodokterku.blogspot.com/2012/05/mata-terbuka-saat-tidur-nocturnal.html
Disqus Comments