Sabtu, 16 Februari 2013

Cara Menghilangkan Ketombe

Negara kita memang termasuk negara tropis yang hanya mempunyai dua musim, hujan dan kemarau. Memasuki musim kemarau, banyak keluhan mengenai rambut yang kotor serta munculnya ketombe.

Sebenarnya, apa itu ketombe? Ada yang mempercayainya sebagai mahluk hidup karena ia mendatangkan gatal seperti gigitan nyamuk. Namun ternyata, ketombe bukanlah mahluk hidup, itu adalah kotoran yang menumpuk, menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menjadi rasa gatal di dalam kepala. 

Rasa itu semakin bertambah saat kepala kita keringatan. Apalagi jika digaruk dan menimbulkan infeksi, rasanya bisa pecah kepala ini.

Ketombe sangat mudah untuk dihilangkan. Tahap awal, anda harus teliti dalam membilas saat keramas, karena shampo yang masih tersisa akan membuatnya bertumpuk di kulit kepala dan ini yang menjadi ketombe. Kotoran juga demikian, jika setelah beraktivitas, jangan ragu untuk keramas.

Tidak ada larangan untuk keramas tiap hari asalkan sesudahnya menggunakan kondisioner karena shampo bisa membuat rambut kering. Jangan lupa untuk membilas kondisioner sampai bersih. Jangan gunakan kondisioner di kulit kepala karena akan menyebabkan penumpukan zat-zat aktifnya yang menjadi ketombe pula.

Boleh juga menggunakan jeruk nipis, karena kotoran ketombe yang menempel di kulit kepala tidak mudah terkelupas dengan shampo saja. Jadi aplikasikan jeruk nipis di ketombe tersebut dan bilaslah sampai bersih.
Disqus Comments