Minggu, 19 Mei 2013

BUG! Desember Akhirnya Kembali “Muncul” di Android

Google akhirnya mengembalikan ‘Desember’ ke sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean. Bug (celah) yang sebelumnya terdapat pada perangkat Android Jelly Bean kini sudah diperbaiki.

Tim developer Google merilis perbaikan itu melalui update sistem terbaru versi 4.2.1 untuk Jelly Bean. Aplikasi kalender pada perangkat Jelly Bean kini sudah kembali normal.

Sebelumnya pengguna Android Jelly Bean tidak bisa memasukkan tanggal ulang tahun, event atau tanggal penting lainnya karena bulan Desember hilang alias tidak ada pada aplikasi kalender. Para developer Android tampaknya lupa memasukkannya. Bukannya menampilkan Desember, aplikasi ini malah langsung menampilkan bulan Januari setelah bulan November.

Dilansir Eweek, Kamis (29/11/2012), akan muncul pop-up pada perangkat Android Jelly Bean yang memberitahukan bahwa update sudah tersedia dan user mendownloadnya. Update tersebut akan memperbaiki kalender dan beberapa bug lainnya. Perangkat yang terkena dampak bug ini termasuk tablet Nexus 10 dan smartphone Nexus 4.

Hilangnya Desember pada aplikasi People pertama kali dilaporkan oleh pengguna Android di Android Forum pada tanggal 14 November. Saat itu pengguna mengeluh karena bulan Desember tidak ada alias hilang, lalu banyak orang lain yang memposting komentar serupa.

Tim Android kemudian mengakui kesalahan tersebut lewat postingan di Google+. Bug tersebut bisa dibilang cukup memalukan.

“Kami menemukan bug di Android 4.2, yang mengakibatkan tidak bisa memasukkan event pada bulan Desember pada aplikasi People (namun tidak mempengaruhi kalender). Yakinlah, bug ini akan segera diperbaiki sehingga bagi Anda yang berulang tahun pada bulan Desember tidak akan dilupakan oleh teman-teman dan keluarga Anda”. Demikian bunyi postingan Google pada feed Android Google+.

Disqus Comments