Sabtu, 18 Mei 2013

Istilah - Istilah Dalam Android

apk.rifqi.net -Tak kenal maka tak saya, tak sayang maka tak cinta" pepatah ini yang akan selalu membawamu untuk banyak bertanya. karena malu bertanya resiko di tanggu sendiri :). sama hal nya dengan saya sebagai pengguna baru Os Android (4.0) kamu akan banyak menemukan banyak istilah-istilah yang bisa buat lidah bergulung bagai sunami saat menyebutnya, sesulit itukah? gak cuman gak terbiasa aja :). Sebelumnya kalau ada yang salah dan kurang, perlu di tambahkan mohon berkomentar.



Istilah Dasar / Istilah Umum

APK : Android Package, layaknya IPA di iPhone (buat pngguna iPhone), SIS di Symbian s60, atau JAR di Symbian40 dan BlackBerry dan Java based devices lainnya. intinya, file-file dengan ekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di android device.

BRICK(ed) : Kondisi dimana device sudah tidak bisa di-recover, sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick) yang dapat digunakan untuk ngelempar anjing (kalau dbutuhkan). saran saya gunakan saja untuk melempar mangga di rumah sebelah.

adb : Command buat menjembatani perintah di android lewat pc. klo adb shell termasuk bagiannya extensi command adb ada banyak jenisnya seperti adb push, adb pull, adb install dll. syarat adb bisa jalan driver adb mesti sdh terpasang di pc. biasanya di device manager (windows) akan terlihat andoid adb composite device, driver adb biasanya dari vendor pembuat devicenya.

adb.exe : Bisa di ambil dari sdk (dah include di dalam android sdk). ada di folder tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa dgn mengetik "adb help"

adb shell logcat : Buat mengetahui proses yg terjadi di android, berguna banget saat experiment flashing rom...

IMAP : Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3

POP3 : Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email

Widget : Salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif

GUI : Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic (gambar ? )

GMS : Google Market Services, tempat download nya aplikasi-aplikasi di Android (kayak apps store di iphone, appworld di BB)

Root : Super user di OS (dalam hal ini Android)

nge-root : Proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root, kalau kamu benar-benar masih newbie tentang android kata ini haram buat kamu

Apps2SD : Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke memori internal,

AOSP : Android Open Source Project,

Boot : Proses menghidupkan handheld,

Bootloader : Gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device,

Bootloader Mode - FASTBOOT load : Tombol Camera + Power atau tombol Power & Volume (+) di tekan secara bersamaan, pada mode boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh
di SDcard dengan menekan kedua tombol secara bersamaan. kalau di windows BIOS

Cache2SD : Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard

Diagnostic Mode : Tombol Capture + Power. mode boot untuk test ( pake tombol volume (-) untuk pilih item )

Normal Mode : Cara normal menghidupkan handheld

OTA : Over The Air, suatu metode pengiriminan data, biasanya istilah digunakan pada aktifitas meng-update

Recovery Mode : Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa membuka shell. mem-flash image..bikin Backup maupun Restore.

Safe Mode : Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan Google.

Tentunya ini saja gak cukup untuk pengetahuan tentang instilah-istilah di dalam android, sambil menunggu dewa menjelaskan semua rahasia si robot hijau. ada baiknya ikuti beberapa diskusi para pengguna android di forum dan komunitas. berikut rekomendasi dari saya.

Forum ID-Android-SBY | Forum AI (Android Indonesia) | Thiroid Flasher

1. Tinggalkan komentar untuk kami.
2. Komentar anda akan muncul setelah di setujui.

EmoticonEmoticon