Minggu, 26 Mei 2013

Perbedaan Jaringan Wifi dan Hotspot

rifqi.net dalam artikel Perbedaan Jaringan Wifi dan Hotspot sudah lebih dari 5tahun yang lalu saya mulai menggunakan internet begitupun WiFi dan Hotspot, selama ini saya menganggap keduanya ini sama hanya nama yang berbeda, to pada dasarnya sama-sama terhubung ke internet. tapi kenyataan berkata lain perbedaan dari kedua ini benar-benar nyata akan perbedaannya dan selama ini saya telah salah T_T. Perbedaan WiFi dan Hotspot dapat dijabarkan melalui pemahaman pengertian dari keduanya. Sehingga tidak terjadi kekeliruan antara apa sebenarnya WiFi dan apa bedanya dengan teknologi Hotspot. lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini :
  • Pengertian WiFi
Teknologi Wifi sudah banyak digunakan di Indonesia yang merupakan kependekan dari Wireless Fidelity. Pengertian dari Wifi itu sendiri adalah komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Spesifikasi terbaru dari saat ini memberikan banyak peningkatan mulai dari kecepatan transfer data sampai luas cakupan yang lebih jauh.

Sebenarnya pada awal pembuatan Wifi ditujukan untuk penggunaan Jaringan Area Lokal (LAN) dan perangkat nirkabel, tapi seiring perkembangan teknologi Wifi lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan sebuah komputer dengan personal digital assistant (PDA) atau wireless card dapat dengan mudah terhubung dengan internet dengan menggunakan hotspot terdekat.
  • Pengertian Hotspot
Sedangkan hotspot merupakan titik akses Wi-Fi yang dapat diartikan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada tempat umum seperti sekolah, kampus, rumah makan, warga perumahan dan sebagainya. Berdasarkan pengukuran teknologi WLAN ini mampu berkecepatan akses hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga sekitar 100 meter lebih.

Pengembangan hotspot dapat dilakukan dengan pemanfaatannya sebagai forum komunikasi online yang efektif bagi warga. Dapat berupa saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, melakukan polling, mengirim pesan via e-Mail, Chatting dan mencari informasi lainnya. Selain fungsi koneksi internet yang menjadi fasilitas utama, hotspot juga dapat dikembangkan menjadi media telepon gratis dengan teknologi VoIP, sehingga sangat berguna bagi masyarakat pada umumnya.

Sumber
Disqus Comments